4 Fakta Jinten yang Harus Kamu Ketahui

Jinten atau jintan merupakan salah satu rempah-rempah yang ada didunia. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Carcum Carvi ini berasal dari Mesir loh.

Sejak zaman dahulu, masyarakat sering menggunakan jinten sebagai bumbu masakan. Namun, ternyata jenis jinten lain bisa digunakan juga untuk pengobatan juga.

Fakta Jinten

deherba.com

Nah, 4 fakta mengenai jinten di bawah ini harus kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu tentang ragam rempah-rempah didunia.

Fakta Jinten : Berasal dari Mesir

Dilansir dari laman portal-galeri.com, jintan berasal dari Mesir dan sudah dibudidayakan di Timur Tengah selama ribuah tahun. Sepanjang sejarah keberadaannya, rempah yang satu ini sering digunakan sebagai obat-obatan juga loh.

Jinten Hitam dan Jinten Putih

Tahukah kamu perbedaan dari jinten hitam dan jinten putih? Jinten putih biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Tidak hanya di timur tengah, beberapa daerah di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, dan Sulawesi juga menggunakan jinten putih dalam bumbu masakannya.

Sementara itu, jinten hitam biasanya digunakan untuk pengobatan. Seperti namanya, jinten hitam memiliki warna hitam dengan bentuk mirip bulan sabit. Khasiat yang dimiliki oleh jinten hitam diantaranya dapat mengobati gangguan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan juga menyembuhkan asma dan alergi.

Bisa Menyembuhkan Insomnia

Dilansir dari laman hellosehat, jinten dapat bertindak sebagai stimulan dengan memberikan efek relaksasi. Beberapa kandungan dalam jinten memiliki efek penenang yang dapat membantu orang-orang yang mengalami kesulitan tidur.

Dapat Digunakan Sebagai Pengganti Lada

Jinten yang memiliki rasa sedikit pahit dapat digunakan sebagai pengganti lada loh. Biasanya jinten dijadikan bumbu utama dalam memasak opor, gulai, dan kari. Rasa pedas yang ditimbulkannya pun tidak kalah dengan yang ditimbulkan oleh lada.Tertarik mencoba?

Keamanan Penggunaan Jinten

Jangan pernah menggunakan jinten pada masa kehamilan (relaksasi uterus mungkin terjadi), menyusui, atau untuk anak-anak sampai penelitian lebih lanjut tersedia.

Sebelum menggunakan obat herbal ini, pastikan terlebih dahulu manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Selalu konsultasikan dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *